JISSHO

Kunjungan Yayasan Jissho dan Ai.Support.Co.Ltd Ke Sekolah Tinggi Kesehatan RS. Haji dan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Medan

Yayasan Jissho bekerja sama dengan perusahaan Ai.Support.Co.Ltd. Perusahaan Ai.Support.Co.Ltd adalah perusahaan yang menaungi 500 rumah sakit lansia di Jepang. Saat ini perusahaan memerlukan 100.000 orang untuk bekerja sebagai perawat di rumah sakit lansia. Rumah sakit lansia yang membutuhkan tenaga kerja bertempat di Nagoya Provinsi Aichi. Melalui program pemerintah yaitu program visa berstatus Specified Skilled Workes (SSW). Visa status SSW adalah visa kerja dengan kontrak 5 tahun. Visa jenis ini memberi kesempatan kepada warga negara Indonesia untuk bekerja di Jepang dengan status yang sama dengan warga negara Jepang itu sendiri.

Tanggal 14 Januari 2020, presiden dan staff dari perusahaan Ai.Support.Co.Ltd Bapak Tanaka Kenichi dan Bapak Tsuge Tsunejiro tiba di Kota Medan. Kunjungan kedua setelah Institut Kesehatan Helvetia adalah Sekolah Tinggi Kesehatan RS. Haji (STIKES RS. HAJI) beralamat di Jl. Rumah Sakit H. Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Pukul 16.00 WIB Bapak Tanaka Kenichi dan Bapak Tsuge Tsunejiro bertemu dengan Ketua dari STIKES RS. Haji yaitu ibu Hj. Masdalifa Pasaribu, S.Kep, Ns, SKM, M.Kes. Kesempatan kali ini Stikes RS Haji melakukan tanda tangan kerja sama dengan perusahaan Ai.Supprt.Co.Ltd yang isi dari kerjasamanya adalah akan menyediakan tenaga kerja untuk bekerja di rumah sakit lansia Jepang dengan ketentuan dan syarat yang berlaku. Ibu Hj. Masdalifa Pasaribu, S.Kep, Ns, SKM, M.Kes sangat antusias dan mendukung program ini. Sebagai bukti kedukungannya alumni dari Stikes RS Haji bertemu dengan Bapak Tanaka Kenichi untuk melakukan perkenalan dan wawancara.

 

 

 

 

 

 

Pertemuan antara ketua Stikes RS Haji, Bapak Tanaka Kenichi, Bapak Tsuge Tsunejiro, Bapak Rismaja Putra, SS, MM beserta staff

Penandatangan MoU antara Perusahaan Ai.Support.Co.Ltd dan Stikes RS Haji

Foto Bersama Alumni Stikes RS Haji dan Bapak Tanaka Kenichi dan Bapak Rismaja Putra, SS, MM

Kunjungan ketiga dilakukan pada tanggal 15 Januari 2020 pukul 10.00 WIB ke Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Medan yang beralamat di Jl. Jamin Ginting No 13,5 Lau Cih, Kecamatan Medan Tuntungan Kota Medan. Bapak Tanaka Kenichi Bapak Tsuge Tsunejiro, Bapak Rismaja Putra, SS, MM dan bapak Drs. Sabdin Harahap, M.Pd bertemu dengan Wadir III dari Poltekkes Kemenkes yaitu Ibu Endang Susilawati, SKM, M.Kes berserta staff di Aula Poltekkes Kemenkes. Pertemuan ini dihadiri oleh mahasiswa/i dan alumni dari Poltekkes Kemenkes. Mahasiswa/i sangat berantusias mendengarkan apa yang dibicarakan oleh Bapak Tanaka Kenichi. Mereka sangat berminat untuk mengikuti program ini. Pada kesempatan ini Poltekkes Kemenkes Medan melakukan penandatangan Mou dengan perusahaan Ai.Support.Co.Ltd dan Yayasan Jissho.

Mahasiswa/i Poltekkes Medan

Foto bersama Bapak Drs. Sabdin Harahap, M.Pd dan Tsuge Tsunejiro

Penandatangan MoU anatara Ai.Support.Co.Ltd dan Poltekkes Medan

Bapak Tsuge Tsunejiro memberikan arahan sistem kerja di Jepang

Yayasan Jissho yang diketuai oleh Bapak Rismaja Putra, SS. MM mengajak untuk bekerjasama dalam menyediakan tenaga kerja yang diperlukan perusahaan Ai.Support.Co.Ltd. Yayasan Jissho bersedia membantu meningkatkan kualitas SDM dalam berbahasa Jepang bagi alumni dari seluruh perguruan tinggi. Yayasan Jissho juga membuka kelas bimbingan belajar bahasa Jepang dan bimbingan ilmu keperawatan dalam bahasa Jepang. Yayasan Jissho akan membantu dan mengarahkan alumni yang ingin bekerja di Jepang. Untuk bekerja di rumah sakit lansia Jepang tidak harus lulusan keperawatan, tetapi semua jurusan bisa mengikuti program ini.