JISSHO

Pelaksanaan 5 Budaya di SMKN Binaan Provinsi Sumatera Utara

Sabtu, 20 Juli 2019 Kegiatan orientasi sekolah yang diadakan selama seminggu akan berpuncak di hari sabtu. Dengan diikuti oleh keseluruhan siswa/siswi tahun ajaran baru 2019/2020 SMKN Binaan Provinsi Sumatera Utara yang berjumlah sekitar 400 orang. Adapun kegiatan orientasi sekolah ini dilakukan bersamaan pengenalan kegiatan ekstrakulikuler sekolah dan dengan permainan-permainan yang melatih kekompakan/kerjasama, kepedulian antar sesama teman tim yang dibentuk oleh instruktur secara langsung. Yayasan Jissho bersama dengan para staff dan dibantu oleh segenap kepengurusan OSIS mulai memperkenalkan secara langsung 5 Budaya secara dini kepada seluruh siswa/siswi ajaran baru dan juga nantinya secara perlahan akan menerapkan keseluruhan di SMKN tersebut.

       

Dari total 400 orang siswa/siswi akan dibagi menjadi 4 kelompok yang tentunya akan membuat suasana menjadi lebih efektif dan kondusif, Disetiap kelompok permainan yang diterapkan berbeda-beda namun masih mengusung tema 5 Budaya. Hal ini dilakukan untuk lebih mengakrabkan satu sama lain sebagai siswa/siswi baru juga melatih kekompakan/kerjasama tim semata, namun 5 Budaya seperti sikap Jujur, Disiplin, Tangung Jawab, Kerjasama dan Peduli. Dari keseluruhan permainan, ada salah satu permainan yang mengandung 3 dari 5 Budaya, yaitu permainan Komunikata. Permainan ini menggunakan kelompok yang berbaris rapi memanjang seperti kereta api, seorang siswa yang sudah diberi satu kosakata berkewajiban untuk menyampaikan kepada teman kelompoknya satu persatu bergilir dengan acuan tidak boleh berisik dan harus rapi namun tak mengesampingkan waktu yang berjalan. Setiap kata yang terbisikkan ketelinga teman kelompoknya tersebut nantinya akan ditulis pada kertas yang sudah disediakan oleh instruktur. Dalam permainan ini ada sebuah pesan moral yang disampaikan yaitu, kata yang kita dengar belum tentu sama dengan yang didengar oleh orang lain meski bersumber dari orang yang sama. Permainan singkat dan cepat ini membuktikan bahwasannya ucapan yang disampaikan oleh orang lain belum tentu benar adanya setelah melewati mulut ke mulut untuk proses penyampaian. Siswa yang tidak fokus terhadap bisikan temannya akan membuat informasi yang diterima menjadi salah. Karena itu dibutuhkan kerjasama dan disiplin ketika memainkannya, selain itu juga perlu adanya ketelitian serta rasa tanggung jawab bahwa info yang diberi harus sesuai dengan fakta yang ia terima. Serlain bermain komunikata, ada juga permainan-permainan lain yang fungsinya sama dengan salah satu kelompok diatas.

               

Kegiatan berkelompok yang lebih kurang diadakan selama 1,5 jam ini berakhir dengan sukses, para siswa/siswi juga aktif selama masa permainan, setelah berakhir para kelompok kembali menuju lapangan upacara guna mendapat wejangan lebih lanjut mengenai 5 Budaya yang akan diterapkan mulai tahun ajaran baru ini untuk seterusnya. Pemberian wejangan ini disaksikan oleh jajaran staff kepengurusan SMKN juga kepala sekolah, murid-murid duduk rapi mendengarkan wejangan tersebut, kemudian berfoto bersama sebelum kembali memasuki acara selanjutnya.

     

Adapun harapan dengan melakukan orientasi di SMK Negeri Binaan Provinsi Sumatera Utara ini, 5 Sikap utama tersebut dapat menjadikan generasi serta lulusan yang siap mengisi kebutuhan dunia industri baik dalam segi dalam negeri maupun luar negeri.